Wednesday, December 26, 2012

Coretan Tengah Malam




Seperti yang telah kuceritakan kemarin, bahwa adik iparku didiagnosa dokter terserang #mnd...
Berita itu sebenarnya mengubah total keadaan kita sekeluarga....mungkin dari sisi fisik untuk saat ini adik iparku masih bisa menggerakkan dan menggunakan sebagian anggota tubuhnya, walaupun untuk saat ini memang sudah terlihat begitu kesulitan. sedih rasanya melihat adikku dalam kondisi seperti itu, ingin rasanya memeluknya, pada saat melihat dia kesulitan memegang gelas untuk minum....tapi aku kan bukan muhrimnya....aku cuma bisa melihatnya dgn pandangan 'seolah tidak terjadi apa-apa'. ingin membantu,tapi aku yakin dia tidak ingin diperlakukan seperti orang sakit, maka kadang aku memalingkan muka pura-pura tidak melihat, karena gak tegaaa.....

sore ini, adikku menulis di whatsuppnya : "uni, kenapa hal ini terjadi pada keluarga ki, kenapa uda yang masih muda terserang penyakit aneh?
Kenapa ini terjadi di keluarga kita?
Aku gak pernah melakukan sesuatu yang aneh2x, dilarang agama, dan kenapa uda?? dia orang baik, orang yang sabar, kenapa harus dia??
Temen ki, istri main kemana, suami main kemana, tapi keluarganya sehat2x aja...anak2xnya lucu2x, malahan karirnya menanjak...kenapa ya ni?"

Sebetulnya pada waktu membalas sms adikku, hatiku juga bergetar, mataku juga pedih....akupun tidak tahu mengapa ini terjadi...secepat itu, adik iparku adalah orang yang sehat -tadinya- diapun suka berolahraga, supel, sayang terhadap keluarga, orangtua, bertanggung jawab.....
Tapi...bagaimanapun ini sudah terjadi, Allah sudah mengirimkan penyakit itu kepadanya...salah satu penyakit mematikan di seluruh dunia dan sampai saat ini belum diketahui penyebabnya dan obatnya...
sore tadi aku jawab pertanyaan adikku itu:

"Ki...namanya penyakit gak milih tua muda, orang baik atau orang jahat,, dan kita salah berat ki, kalo menganggap Allah gak sayang sama keluarga kita krn ndra kena penyakit itu...justru karena Allah sayang  makanya keluarga kita diberi cobaan kayak gini...mudah-mudahan ndra bisa dihapuskan dosa2xnya dengan adanya penyakit ini, dia kan orang baik, sayang ki dan keluarga, sayang orangtua, bertanggung jawab, sabar, makanya Allah ingin membersihkannya....mungkin suatu saat Allah ingin ketemu ndra dalam keadaan suci,...
Disini Allah punya rencana besar ki, pada saatnya nanti kita akan mengetahui hikmah apa yang telah Allah berikan ke keluarga kita dengan adanya musibah ini....
yang perlu ki ingat, kejadian ini bukan hanya membawa perubahan untuk ki sekeluarga, tapi juga pada uni dan daniko....kita semua keluarga ki, satu keluarga, harus saling menguatkan, dan gak boleh ada yang berubah, cuma gara2x salah satu kel kita sakit....
Sekarang ini yang perlu kita pikirkan adalah ndra...gak usah lagi bertanya mengapa begini-begitu??? gak bakal ada jawabannya....
Uni tahu ndra pasti lebih terpukul ....dia mungkin juga bertanya sama seperti kita...dan untuk saat ini dia butuh support kita....
Sekarang yang kita pikirkan adalah bagaimana dengan kondisi ndra kedepan...kita harus mencari solusinya untuk minimal menghambat atau tidak memperparah penyakitnya...
Jangan memperberat keadaan dengan mempertanyakan yang belum pasti, yang sudah pasti di depan saja kita kerjakan...
energi kita sekarang dibutuhkan ki,buat ndra....buat anak2x...kita optimis aja, prasangka baik sama Allah,karena Allah mengabulkan prasangka hambanya"....

Adikku masih khawatir jika nanti putrinya akan melihat ayahnya sakit seperti itu....apa tanggapan putrinya..
Aku jawab aja : " Ki, sosok ayah itu bukan hanya dilihat dari fisik!!, percayalah ki, cintanya ndra sama Bila, akan membawa perubahan pada diri Bila, dia akan lebih bijaksana nantinya".

Adikku....tahukah engkau, sebetulnya pada saat aku menuliskan sms itu padamu, akupun gak kuat.....sebenanrnya akupun menangis...tapi aku harus kuat....aku anak pertama di keluarga ini, kita sdh tidak ada ayah lagi....mama kita sudah tua, aku gak mau memperberat pikiran mama....
oleh karena itu aku berusaha tegar pada saat kamu dan mama curhat tentang persoalan ini.....
Kalau malam2x seperti ini....aku terbangun dan suka menangis...aku shalat, meminta kepada Allah, agar Allah memberikan kekuatan kepada keluargaku...semuanya, aku berdoa agar keluarga kita menjadi orang-orang yang selalu ikhlas pada saat cobaan itu datang..sku berdoa agar kami2x semuanya diberikan panjang jodoh....setia mendampingi pasangan kita, sampai akhirnya Allah menjemput salah satu dari kita...
Dan berdoa....agar Allah selalu menjaga anak-anak kita semua, keturunan kita...walaupun saat itu mungkin kita tidak mampu lagi untuk menjaga mereka...

I love u ki....love u All...............


No comments:

Post a Comment